RSS Feed

Manfaat Sedekah

Posted by Ade Ummi Fikri

Bismillahirrahmaanirrahiim..

Assalamu'alaikum wr.wb.

"...Sedekah dapat menyelesaikan segala masalah.." kurang lebih begitulah kata-kata yang diucapkan oleh ustadz arifin Ilham yang kesohor itu. awalnya aku hanya tersenyum simpul mendengar kata-jkata itu. Hati kecilku tidak meng-iyakan ucapannya. Sampai akhirnya aku mengalaminya sendiri.

3 tahun aku menikah dengan suami tercintaku, belum juga di kasih seorang anak. Segala usaha sudah kita lalui... dari mulai pijit tradisional sampai ke shin she semua kita ikuti. Memang saat itu kita tidak mau lewat dokter, karena aku sering dengar rumor kalo via dokter perlu biaya yang sangat besar, sakit dan belum tentu berhasil.

Namun akhirnya kita pergi ke dokter juga, karena semua cara tradisional tidak membuahkan hasil apa-apa. Dengan mengucap basmalah kita pergi periksa ke dokter. Kita berdua menjalani pemeriksaan. mulai dari cek darah, HSG, cek hormon dan segala dodong petong pemeriksaan kedokteran tentang infertilitasi.

Namun ternyata aku belum juga dikaruniai anak... bahkan kami divonis ga bakal punya keturunan... Hati siapa yang ga sedih denger vonis dokter seperti itu... apalagi kami sangat mengharapkan keturunan...

Sepanjang malam aku nangis,"Dosa apa yang telah kami lakukan, sehingga kami mendapat teguran seperti ini??"

Aku dan suami tidak henti2nya sholat tahajud dan memohon keajaiban dari Allah. Sambil terus berusaha meminum obat yang diberikan oleh dokter tersebut. Kami juga terus berpikir,"apa yang salah dari kami???"

Aku coba merenungkan lagi semua yang telah aku dan suami lakukan.
- Sholat taubat mohon ampun atas segala kesalahan kami dimasa lalu yang mungkin menyebabkan kami mendapat teguran seperti ini SUDAH kami lakukan.

- sholat tahajud dan hajat memohon keajaiban SUDAH kami lakukan juga.

- Berzakat setiap bulan dari penghasilan yang kami dapat juga SUDAH.

- Bahkan usaha duniawi seperti minum obat, olahraga, sampai-sampai berat badanku turun 10 kg dan mulai mengganti pola makan itu pun SUDAH kami lakukan.

Tapi Allah belum juga memberikan apa yang kami minta.

Hingga suatu malam aku nonton sinetron tentang tukang bubur yang ingin naik haji bareng orangtuanya. Menurut tukang bubur dan tetangga sekitarnya, itu suatu hal yang tidak mungkin dilakukan. tapi ibunya yakin kalau mereka naik haji. Mereka pun membagikan bubur gratis ke anak yatim sebagai sedekah dan minta di doakan agar mereka bisa naik haji. dan Subhanallah keinginan mereka terkabul. tukang bubur tersebut mendapatkan hadiah merci new eyes dari bank tempat dia menabung. Merci tersebut dijual dan uangnya digunakan untuk naik haji.

Entah datangnya darimana, tiba-tiba terbesit di hatiku,"Ya Allah, apa aku dan suami kurang sedekah ya??" selama ini memang aku terbilang pelit untuk mengeluarkan uang seribu rupiah ke pengamen dan peminta2 di jalan. Aku sempat bilang,"iihh nanti uang yang kita kasih dipake buat minum..." atau "iihhh ini orang beneran ga sih miskin??? jangan2 dikampungnya kaya" atau "sayang ah... mending uang seribu aku pake buat ongkos angkot.. lumayan.."
 g
Aku jadi berpikir... mungkin itu salahku.. Aku jadi inget omongan almarhum mamaku "kalau memang kita niat untuk sedekah jangan berpikir dibelakang mereka gunakan untuk apa, tapi dikasih aja dulu. urusan dibelakang biarkan menjadi tanggungjawab mereka ke Allah."
Saat itu mungkin menurut aku, apa yang aku sedekahkan sudah cukup, tapi belum tentu menurut Allah.

Mulailah aku dan suami membuat rencana untuk memberikan sedekah ke panti asuhan di dekat rumahku setiap bulannya. Subhanallah, baru satu kali aku memberikan sedekah ke mereka, bulan besoknya Allah memberikan jawaban bahwa aku positif hamil.... Ya Allah kebayangkan betapa bahagianya aku dan suami saat melihat test pack kehamilan bergambar positif.

Ga habis-habisnya kami sujud syukur atas karunia yang kami dapat.... padahal sedekah yang aku berikan saat itu hanya sekarung beras 10 kg untuk makan anak2 panti tersebut. Rasanya tidak sebanding dengan apa yang Allah berikan kepada kami sebagai balasannya. Sejak saat itu aku dan suami berniat untuk setiap bulannya memberikan sedekah ke panti tersebut. Kami yakin kami tidak akan miskin ataupun kekurangan hanya karena berbagi 2,5 % dari penghasilan kami kepada mereka.

Guys, khususnya buat teman-teman yang punya hajat sampai saat ini belum kesampaian, ayo deh sedekah... bukan berarti aku bilang kalian pelit.. bukan... menurut kita sedekah yang sudah kita berikan mungkin sudah cukup, tapi mungkin belum menurut Allah. Allah maha tahu, sebesar apa keuangan kita untuk disedekahkan. Dan jangan pernah takut akan kekurangan, Allah maha pemberi, yakin lah Allah akan membalas lebih dari apa yang kita harapkan.

Akhirnya aku mengakui ucapan ustadz arifin ilham "...Sedekah dapat menyelesaikan segala masalah.."

6 komentar:

  1. Anonim

    terimakasih atas cerita menariknya...Sungguh, Allah Maha Pemberi.

  1. adi

    tq gan\

  1. Anonim

    alhamdulillah ya mbak, InsyaAllah saya akan mengikuti apa yang telah mbak dan suami lakukan...terimakasih sudah sharing mbak,semoga Allah melapangkan rizki kita dan doa saya beserta suami utk mendapat momongan dikabulkan Allah SWT amiiiinnn

  1. Anonim

    Subhanallah...............! ini baru kisah yang mengharukan bisa dijadikan inspirasi buat tema-teman muslim lainnya..........keren

  1. Anonim

    Subhanalloh merinding saya membacanya kenapa saya selama ini melupakan Mu ya Rob rupanya banyak keajaiban di balik anak yatim dan kaum duafa

  1. Anonim

    ALLAHU AKBAR..

Poskan Komentar

Please write ur comment after u read this !! Thanks anyway...